PARADE EMAS MENGANTARKAN MUMI MENUJU RUMAH BARU

Written by on 8 April 2021

Kairo –  Parade memindahkan 22 mumi Firaun dari Museum Mesir menuju National Museum of Egyptian Civilization (NMEC) bertajuk “The Pharaohs’ Golden Parade”, Kairo, Mesir, Sabtu (03/04/21).

Proses pemindahan 18 mumi raja dan 4 mumi ratu yang digelar secara akbar dengan dibawa menggunakan kendaraan hias bergaya Mesir kuno melewati ibu kota Kairo menuju museum baru. Para mumi dibawa dengan pengamanan yang ketat untuk mengamankan perjalanan mumi sejauh tujuh kilometer menuju National Museum of Egyptian Civilization (NMEC) di Fustat.

Mumi-mumi Firaun dibawa secara berurutan berdasarkan masa kekuasaan mereka pada saat memerintah Mesir Kuno lebih dari 3.000 tahun yang lalu, mulai dari penguasa Dinasti ke-17 Seqenenre Tao II, Ratu Hatshepsut yang terkenal sebagai Firaun perempuan, Raja Ramses II yang pernah berkuasa selama 67 tahun hingga Ramses IX yang berkuasa pada abad ke-12 SM. Saat mumi tiba di museum, meriam ditembakkan sebanyak 21 kali sebagai senjata penghormatan dan mereka akan menjalani restorasi terlebih dahulu di laboratorium selama 15 hari sebelum dipamerkan kepada pengunjung di ‘rumah’ baru mereka pada 18 April mendatang.

“Dengan penuh kebanggaan, saya menyambut raja dan ratu dari Mesir setelah perjalanan yang mereka alami,” ujar Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi di akun media sosialnya.

Setiap mumi dibawa dengan menggunakan kendaraan berhias yang dilengkapi peredam kejut dan dikelilingi 60 voorrijder diikuti juga dengan kawalan parade kereta perang serta pria dan wanita yang memakai pakaian bergaya Mesir Kuno.

Pemerintah Mesir secara khusus menempatkan mereka di dalam kotak khusus berisi nitrogen sebagai pelindung dari kondisi eksternal dalam proses pemindahannya bahkan rute perjalanan ke museum baru juga diaspal ulang agar perjalanannya lebih mulus.

“Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan melakukan yang terbaik guna memastikan mumi-mumi ini stabil, terjaga, dan berada dalam lingkungan yang suhunya dikendalikan,” kata Salima Ikram, profesor ilmu Mesir Kuno dari American University di Kairo.

Parade mewah yang menghabiskan jutaan dollar ini adalah salah satu proyek UNESCO yang dirancang sekaligus untuk membantu menjaga melestarikan dan membangkitkan minat pada kekayaan budaya Mesir di tengah kelesuan industri pariwisata akibat terjadinya pandemi COVID-19. Saking mewahnya acara ini, terdapat penampilan maestro dari United Philharmonic Orchestra yang terdiri dari 120 musisi dan 100 penyanyi.

Proses pemindahan mumi inipun disiarkan langsung melalui televisi negara dan laman youtube Experience Egypt agar para peminat sejarah Mesir Kuno dapat menyaksikan parade akbar proses pemindahan mumi-mumi Firaun. (MRF/TZL)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Current track
Title
Artist

Background