IPHONE 13 SERIES SUDAH RILIS TAPI “MEMAKAN KORBAN”?

Written by on 15 September 2021

California, Amerika Serikat – Apple resmi meluncurkan seri terbaru dari smartphone mereka iPhone yakni iPhone 13 series, dalam Apple Event yang digelar secara live streaming dari California, Amerika Serikat pada Selasa 14 September 2021 atau Rabu dini hari waktu Indonesia (15/09/2021).

Apple Event yang merupakan event tahunan dari perusahaan yang dirintis oleh Steve Jobs edisi tahun ini mengusung tagline “California Streaming”. Karena masih berlangsungnya pandemi Covid-19,  Apple Event 2021 tetap diadakan secara virtual pada pukul 10.00 pagi Waktu Standar Pasifik (PDT) atau jam 12.00 dini hari WIB. Dengan begitu, Apple Event tahun ini merupakan kali kedua event tahunan perusahaan Apple ini diselenggarakan secara virtual.

Dalam Apple Event edisi tahun ini, perusahaan yang terkenal dengan logo buah apel “tergigit” ini, memperkenalkan smartphone terbaru mereka iPhone 13 dengan empat variasi sekaligus yakni iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max yang juga hadir dengan beberapa varian warna terbarunya salah satunya warna pink.

Dalam kesempatan ini, CEO Apple Tim Cook mengatakan, iPhone telah menjadi pilihan bagi jutaan pengguna di seluruh dunia berkat berbagai fiturnya, termasuk privasi yang ketat.

“Kami terus membuat iPhone menjadi lebih baik, performanya meningkat, dan punya durabilitas tinggi. Hari ini kami memperkenalkan iPhone generasi terbaru, iPhone 13 series,” ujar Tim Cook sewaktu memperkenalkan iPhone 13.

Keempat series terbaru ini dibanderol dengan harga mulai dari $699 (sekitar 10 juta) untuk iPhone 13 mini, $799 (sekitar 11,3 juta) untuk iPhone 13, $999 (sekitar 14,2 juta) untuk iPhone 13 Pro dan $1.099 (sekitar 15,6 juta) untuk iPhone 13 Pro Max.

Lalu apa yang membedakan iPhone 13 series dengan iPhone series sebelumnya ?

Tidak ada perbedaan signifikan yang membedakan iPhone 13 series dengan generasi sebelumnya yakni iPhone 12 series. Apabila dibandingkan pendahulunya yakni iPhone 12, semua model iPhone 13 kini dibekali dengan poni (notch) yang diklaim 20 persen lebih kecil.

Adapun hal baru yang paling mencolok terdapat pada variasi iPhone 13 dan iPhone 13 Mini, di mana desain kamera belakang yang kini disusun secara diagonal, alih-alih vertikal seperti generasi sebelumnya.

Selain itu, iPhone 13 juga menjadi lini iPhone pertama yang memiliki varian kapasitas penyimpanan 1 TB. Kapasitas memori internal tersebut hadir di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Namun perbedaan terbesar terletak pada chipset yang digunakan. Apabila iPhone 13 series menggunakan A15 Bionic yang diklaim performanya 50% lebih cepat dari kompetitor dan lebih hemat daya, sedangkan iPhone 12 series masih menggunakan chipset A14 Bionic.

iPhone 13 series ini menjadi perangkat iPhone pertama yang menggunakan sistem operasi iOS 15 sementara iPhone 12 masih menggunakan iOS 14. Akan tetapi kedua series ini sudah support jaringan internet 5G.

Seluruh jajaran iPhone 13 series terbaru ini bisa mulai dipesan di AS mulai tanggal 17 September mendatang dan akan tersedia pada 24 September mendatang. Kendati demikian, belum diketahui kapan iPhone terbaru ini dipasarkan di Indonesia.

Adapun yang mengejutkan dari Apple Event tahun ini adalah bahwa peluncuran series terbaru iPhone 13 ini “memakan korban”, karena series iPhone sebelumnya yakni iPhone XR, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max diberhentikan produksinya atau discontinued dengan alasan untuk memberikan kesempatan pada perangkat baru merebut hati pengguna.

Namun untuk mengobati kekecewaan para iPhone users akibat discotinued-nya iPhone XR dan iPhone 12 Pro series, Apple tetap memproduksi series iPhone SE 2, iPhone 11, dan iPhone 12 sebagai pilihan iPhone dengan harga yang cukup terjangkau, terlebih pihak Apple memberikan penurunan harga kepada ketiga series iPhone tersebut dengan harga mulai dari  $399.

Selain merilis iPhone 13 series, raksasa teknologi ini juga mengenalkan beberapa produk terbaru mereka dalam Apple Event 2021 ini. Produk tersebut adalah iPad, iPad Mini, dan Apple Watch series 7.(TZL)

Wah, iPhone series terbaru udah keluar nih T-Friends!!

Jadi bagaimana T-Friends kira-kira pada mau ganti jadi iPhone 13 series atau mending beli series lama aja karena udah turun harga?


Reader's opinions
  1. Linette   On   6 Oktober 2021 at 04:57

    This design is steller!
    You definitely
    know how to keep a reader amused. Between your
    wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost?HaHa!) Excellent job.

    I really enjoyed what you had to say, and more than that, how you
    presented it. Too cool!

  2. Cary   On   9 Oktober 2021 at 00:39

    Every weekend i used to pay a visit this site, for the
    reason that i want enjoyment, as this this website conations in fact nice funny data too.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Current track
Title
Artist

Background