Penemuan Black Box Pesawat Boeing 737-800

Written by on 24 Maret 2022

Kamis (24/03/2022) — Satu dari dua kotak hitam (black box) milik pesawat Boeing 737-800 telah ditemukan pada Rabu (23/03/2022) oleh tim pencarian. “Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa bagian luar perekam mengalami kerusakan parah dengan unit penyimpanan yang sementara juga rusak. Namun bagian-bagiannya masih relatif lengkap,” ucap Zhu Tao, pejabat Otoritas Penerbangan Sipil China (CAAC).

 

 

Pesawat Boeing 737-800 dilengkapi dengan dua perekam penerbangan, yaitu FDR (Flight Data Recorder) yang digunakan untuk melacak data penerbangan serta terletak di kabin belakang, dan juga CVR (Cockpit Voice Recorder) sebagai perekam percakapan di kokpit. Namun dikarenakan rusaknya black box pesawat, hingga kini masih belum dapat dipastikan jenis black box yang mana yang telah ditemukan. Black box tersebut kini dikirimkan ke laboratorium penerbangan profesional di Beijing untuk diinvestigasi lebih lanjut. Zhu Tao mengatakan bahwa proses investigasi tersebut membutuhkan waktu.

 

Pada Senin (21/03/2022), Pesawat Boeing 737-800 milik China Eastern Airlines yang membawa penumpang berjumlah 132 orang, termasuk sembilan orang kru pesawat, dikabarkan jatuh di pedesaan dekat kota Wuzhou, provinsi Guangxi, di sore hari pukul 14.22 waktu setempat. Pesawat tersebut berangkat dari kota Kunming, provinsi Yunnan pada pukul 13.11 waktu setempat dan diperkirakan akan mendarat di kota Guangzhou, provinsi Guangdong pada pukul 15.05 waktu setempat.

 

 

Berdasarkan data dari FlightRadar24, pesawat dengan nomor penerbangan MU-5735 tersebut dikabarkan mendadak menukik secara vertikal sekitar 45 menit sebelum jadwal mendarat. Ketinggian pesawat berubah dari 8,8km menjadi 2,7km hanya dalam 2 menit dan 15 detik, lalu menjadi 0,98km dalam 20 detik, dan berakhir jatuh di area pegunungan di wilayah Wuzhou, provinsi Guangxi. Jatuhnya pesawat yang berlokasi di area pegunungan menyebabkan terjadinya kebakaran hutan disertai asap putih yang dapat terlihat oleh warga setempat. Beberapa jam setelah kecelakaan, presiden China, Xi Jinping, langsung mengeluarkan perintah bagi pihak berwajib untuk melaksanakan investigasi.

 

 

Pihak berwajib masih mencari tahu mengenai jumlah pasti korban jiwa, walau diperkirakan tidak ada penumpang yang selamat dari kecelakaan tersebut. Tim investigator juga masih belum mengetahui alasan pesawat dapat terjatuh.

 

 

Menurut Mao Yanfeng, Direktur Unit Investigasi Kecelakaan di Administrasi Penerbangan Sipil China, Rabu (23/03/2022), mengatakan bahwa tidak ada indikasi perkiraan cuaca buruk sepanjang rute pesawat maupun saat terjadinya kecelakaan. “Awak pesawat telah mempertahankan komunikasi normal dengan unit kontrol lalu lintas udara sejak pesawat lepas landas dari Kunming hingga ketinggian tiba-tiba turun menurut catatan komunikasi,” kata Mao.

 

Dalam konferensi pers yang sama, ketua China Eastern Airlines, Sun Shiying, mengatakan bahwa kondisi pesawat dianggap memenuhi persyaratan penerbangan dan sebelumnya telah mendapatkan pemeliharaan normal. (FTH/ZAO/AFZ)

 

Kami segenap T-Crew turut berduka cita dan ikut berbela sungkawa kepada seluruh korban dan keluarga yang ikut terdampak oleh kecelakaan pesawat Boeing 737-800 tersebut. Semoga investigasi kecelakaan berjalan lancar dan para keluarga diberikan ketabahan dan kesabaran.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Current track
Title
Artist

Background