Ternyata Mendengarkan Musik Mempengaruhi Kesehatan Tubuh

Written by on 22 Juli 2022

Hampir di setiap waktu, hampir di setiap jalan, pasti mendengarkan musik. Entah itu memang dari playlist yang dibuat ataupun tidak sengaja dengar lewat keadaan sekitar. Tetapi ternyata musik membawa pengaruh untuk kesehatan?

Ada istilah Healing Music yang memang dipergunakan untuk terapi kesehatan yang berisikan lagu-lagu menenangkan. Mengingat musik sudah sejak zaman dahulu digunakan sebagai medium penyembuhan. Berikut pengaruh terhadap kesehatan antara lain :

  • Tidur menjadi lebih nyenyak

Terapi menggunakan musik, dinilai efektif untuk meredakan gangguan tidur seperti insomnia. Mendengarkan musik klasik yang rileks, dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

  • Meningkatkan stamina

Berolahraga sambil mendengarkan musik akan membuat lebih semangat dan berstamina. Saat lari misalnya, pilih musik yang irama ketukannya bisa diikuti. Selain lari akan menjadi lebih bersemangat, stamina pun semain baik. Jadi, olahraga dapat dilakukan lebih lama.

  • Memperbaiki suasana hati

Baik itu musik klasik, dangdut, atau pop, mendengarkan lagu favorit, terbukti dapat memperbaiki suasana hati yang buruk. Karena, mendengarkan music favorit akan memicu keluarnya dopamin di tubuh. Dopamin adalah suatu komponen kimia yang menimbulkan rasa senang dan bahagia.

  • Meningkatkan daya ingat dan Membuat fokus

Bagi sebagian orang, belajar sambil mendengarkan musik bisa mempermudah mengingat topik pelajaran. Tentu saja, hal ini tergantung dari jenis musik dan selera dari masing-masing orang. Mendengarkan musik lambat secara otomatis masuk kepada situasi seperti meditasi. Itu dikarenakan musik mengubah kecepatan gelombang otak, menciptakan aktivitas otak yang setara dengan bermeditasi dan menjadikan otak dalam mode fokus setiap saat. Dalam dunia kesehatan, hal ini juga dapat dipergunakan untuk mengurangi migrain.

  • Baik untuk diet

Manfaat mendengarkan musik yang satu ini memang tidak disangka-sangka. Diet dan musik ternyata mempunyai hubungan, karena melalui aktivitas mendengarkan musik dengan tempo yang lambat dan penerangan remang, Akan terasa lebih rileks. Sehingga, kita akan makan dengan lebih pelan dan cepat menyadari rasa kenyang.Maka dari itu mendengarkan musik dapat mengurangi rasa ingin makan terlalu banyak.

Jenis musik apa yang efektif dalam memberikan manfaat untuk kesehatan?

Trend yang berkembang saat ini adalah musik dengan irama yang cepat digunakan untuk olahraga dan musik dengan irama yang lambat digunakan untuk relaksasi. Jika cocok dengan pola seperti itu, maka silahkan mengikutinya. Namun jika tidak, bebas untuk memilih yang lain. Menggunakan musik sebagai terapi adalah masalah selera dan tidak bisa selalu disamakan. Mungkin ada sebagian orang yang merasa lebih rileks saat mendengarkan musik rock, dibandingkan saat mendengar musik klasik. Atau sebaliknya, jika mendengarkan musik rock justru akan membuat suasana hati menjadi lebih buruk itu tergantung selera masing-masing. (AWI)

 

 


Reader's opinions
  1. Elsy Kennard   On   23 Agustus 2022 at 14:53

    I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you create this website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz reply as I’m looking to create my own blog and would like to find out where u got this from. kudos

  2. Kendall Saltourides   On   23 September 2022 at 15:26

    Amazing blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere? A design like yours with a few simple adjustements would really make my blog jump out. Please let me know where you got your design. Thanks a lot

  3. tetrahydrocannabinol   On   27 Oktober 2022 at 16:35

    Woah! I’m really digging the template/theme of this website. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s hard to get that “perfect balance” between usability and visual appeal. I must say you’ve done a awesome job with this. In addition, the blog loads extremely fast for me on Safari. Superb Blog!

  4. zmozeroteriloren   On   6 Desember 2022 at 02:55

    Hey! Quick question that’s completely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My weblog looks weird when browsing from my iphone 4. I’m trying to find a template or plugin that might be able to correct this problem. If you have any suggestions, please share. Thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Current track
Title
Artist

Background