Argentina bawa pulang trofi Piala Dunia 2022!

Written by on 19 Desember 2022

Lusail Iconic Stadium, Qatar – Penebusan kekalahan Piala Dunia 2014 milik Argentina akhirnya lunas terbayarkan! Penantian panjang 36 tahun usai sudah tepat pada Senin, 19 Desember 2022 pukul 1.45 dini hari  WIB.

Setelah drama panjang hingga extra time antara Argentina kontra Perancis pada laga final Piala Dunia Qatar 2022, Argentina secara resmi memeluk kemenangannya melalui adu penalti dengan skor akhir 4-2.

Argentina sebelumnya mengungguli Perancis pada babak pertama dengan skor 2-0. Sebuah situasi yang menggembirakan bahkan hingga menjelang akhir babak kedua saat tidak adanya tanda-tanda usaha perlawan dari Les Blués. Namun, penalti yang berhasil di eksekusi oleh Mbappé pada menit ’80 diikuti goal tambahan tak selang semenit berhasil memutar keadaan dan menyamai kedudukan. Argentina, melalui sihir Kylian Mbappé, dipaksa bermain Extra Time.

tendangan Kylian Mbappe diakhir babak kedua berhasil samai kedudukan

Pada menit ‘108 lah sebuah harapan muncul kembali di tangan Argentina saat Lionel Messi kembali berhasil mencetak skor.

Sayangnya, pelanggaran hand yang dilakukan Montiel di kotak penalti harus berubah goal melalui Mbappé pada menit ‘118. Skor kembali imbang 3-3.

Harapan muncul secara cantik di tangan Kolo Muani pada menit 120+3 namun berhasil diamankan dengan baik oleh Emi Martinez, sang kiper Argentina. Penyelamatan penting di waktu krusial. Skor bertahan hingga akhir Extra Time.

Penyelamatan krusial Martinez dari goal Kolo Muani pada ‘120+3

Memasuki babak penalti, Argentina bermain cantik dengan para pemain dan juga sang kiper berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sangat baik.  Berhasil unggul 3- 2 dari Perancis, goal penentu di tutup oleh Montiel, sosok tangan yang menutup harapan Argentina pada babak penambahan waktu untuk kemudian dengan dramatisnya berhasil Ia kembalikan melalui tendangan penalti yang berbuah kemenangan bagi La Albiceleste. Lionel Messi dan Argentina resmi naik menjadi juara Piala Dunia 2022! (CRH)

reaksi Messi saat detik kemenangan penalti Argentina kontra Perancis

Selamat Argentina atas kemenangannya! 
Funfact of the match:
– Kylian Mbappé berhasil melakukan hattrick pada laga final Piala Dunia 2022, sekaligus merangkap total 18 goal di dua Piala Dunia terakhir (World Cup Russia 2018 & World Cup Qatar 2022)
– Kylian Mbappé meraih Golden Boot sebagai Top Scorer dalam ajang Piala Dunia Qatar 2022 melalui 8 gol dari total 7 laga dengan hattrick pada Final.
– Lionel Messi menangkan Golden Ball di Piala Dunia Qatar 2022. Ia adalah pemain pertama yang memenangkan Golden Ball pada dunia edisi Piala Dunia berbeda (2014 Brazil & 2022 Qatar).
– Lionel Messi juga menjadi yang pertama dalam memenangkan lima Man of The Match awards dalam satu turnamen Piala Dunia
– Dengan kemenangan ini, Lionel Messi resmi telah mengantongi 10 piala La liga, 1 piala Ligue 1, 7 piala Copa del Rey, 7 piala Supercopa de Espana, 4 piala UCL, 3 piala UEFA Super Cup, 7 Ballons d’Or, 6 Golden Shoe, 2 World Cup Golden Ball, 1 piala Copa America edisi 2021, dan terakhir piala World Cup edisi 2022.

Messi (10) dan Mbappe (10) bersalaman pasca pertandingan

Menurut kalian gimana T-Friends atas kemenangan ini? Final terbaik Piala Dunia maybe? (CRH)

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Current track
Title
Artist

Background